Several Basic Dance Moves For You To Learn!

 

Oleh: Akili Mishca


    Hello everyone! Balik lagi dengan aku, Akili Mishca, yang sekarang sudah menduduki bangku kelas XI di SMAN 34 Jakarta. Dalam artikelku terakhir, ketika aku masih menduduki bangku kelas X, aku menuliskan tentang garis besar tentang apa sih dance itu, dan macam-macam genre dance yang ada. Nah, kali ini aku akan menuliskan tentang gerakan-gerakan atau bisa dibilang simple basic dance moves. Namun, yang akan aku jelaskan di sini adalah macam-macam gerakan dance hip-hop for begginers.

 

Kalau ada yang bertanya, “Mengapa tidak genre tarian lain?” Karena, pada awal aku belajar dance, genre pertama yang aku pelajari adalah genre hip-hop, dan tentunya ketika pertama kali aku belajar, tidak langsung asal bergerak saja, karena ada gerakan gerakan pertama yang  aku pelajari, dan hari ini aku akan menjelaskan beberapa gerakan yang aku pelajari pada waktu aku belajar di kelas hip-hop beginner.

 

Gerakan yang pertama adalah The Monestary


Gerakan ini berasal dari sebuah klub bernama Monestary di St. Louis. Gerakan ini terbangun di dari dua langkah, tetapi ketika digerakkan, kaki tidak disatukan, namun menekuknya ke depan dengan lutut dan kaki menghadap ke dalam. Kemudian, saat menekuk kaki, kalian akan menggerakkan lengan dan bahu kalian dalam gerakan melingkar. Gampang kan? Bisa dicoba dan dipelajari pelan-pelan dan diulang-ulang sendiri loh gerakannya.

 

Gerakan yang kedua adalah The Two Step


Two step ini adalah basic move yang super mudah, karena pada awal aku belajar hip-hop, gerakan ini yang paling pertama aku ingat karena sangat mudah. Ini benar-benar sesederhana melangkah dari sisi ke sisi lain sesuai dengan lagu atau sesuka kalian! Jika kalian lagi pengen gerakin badan dan nari sesuka hati kalian, gerakan ini yang paling cocok!

Gerakan yang ketiga adalah The Billy Bounce


This move is basically built on a bounce! Groovy! Tapi, yang membuatnya unik dan asik adalah lutut kalian akan masuk ke arah dalam pada setiap pantulan, bukan hanya naik dan turun saja. Setelah lutut memantul ke bawah, kalian akan menambahkan tendangan ke atas di setiap sisi. The best thing tentang gerakan ini adalah ketika kalian mempelajari gerakan kaki yang membutuhkan waktu beberapa menit, kalian tidak perlu menambahkan gerakan lengan biar terlihat keren, cukup taruh tangan kalian di depan dan di tengah saja, dan kalian udah bisa melakukan The Billy Bounce dengan benar.

 

Gerakan keempat adalah The Dougie


Nah, The Dougie ini adalah gerakan yang sangat santai juga nih. Seperti Two Step, kalian akan menggeser berat badan kalian dari sisi ke sisi, tapi kali ini, tambahin beberapa gerakan bahu biar ga kaku, dan a little more attitude. Cobain deh gerakan ini di beberapa lagu hype beat untuk nari ataupun lagu chill, pasti bakalan cocok dan asikin aja.

 

Gerakan kelima adalah The Woah


Siapa sih yang ngga tau gerakan Woah ini? Pasti semuanya yang belum pernah ikut kelas nari aja bisa tahu gerakan ini, karena sering banget muncul di TikTok, Reels, dan all social media lainnya. Whether you wanna make a viral video of your own, or you’re just looking for a fun, basic dance move to pull out at the clerk, this one is too good not to learn. Kalian juga bisa pakai gerakan ini kapanpun, di manapun, dan dengan lagu apapun!


Gerakan keenam ini adalah The Biz Markie


Biz Markie ini adalah salah satu gerakan old school yang terinspirasi oleh rapper Biz Markie sendiri. Itu naik ke popularitas di tahun 90-an, ketika Biz Markie sendiri mulai menampilkannya di atas panggung. Saat kalian melatihnya, ingatlah untuk membiarkan bahu kalian memantul, karena pantulan itulah yang memberi gerakan ini santai dan groovy


Gerakan ketujuh adalah The Humpty


For this move, kalian bakal muterin pinggul ke satu sisi sambil nekuk lutut. Lalu, kalian akan lompat dan menyilangkan kaki, allowing your feet to tap the floor briefly before you jump back to your original legs apart position. Sehabis itu, kalian bisa menyelesaikan gerakan dengan menambahkan gerakan windmill motion with your hands. The leg Cross in this move makes it perfect for any Hip Hop Songs or any Old School Songs.


Gerakan kedelapan adalah The Bust Down


Gerakan Bust Down ini dipopulerkan karena rapper LA, yang Namanya Blueface, karena lagu 2019-nya "Thotiana". Di gerakan ini, kalian bakal ngambil celana atau belt kalian, lalu taruh satu tangan di atas, dan membiarkan tubuh kalian go with the flow and just move like nobody is watching.

 

Okay semuanya, jadi itulah 8 gerakan basic yang aku pelajari dan juga gerakan yang sering aku pakai untuk Hip-Hop dance. Selain itu, aku juga mau sharing sedikit tentang penggunaan gerakan-gerakan basic tersebut yang bisa diaplikasikan pada saat pembuatan choreography. Kalau aku pribadi, aku pilih lagu yang akan aku setel, sudah pasti lagunya yang cocok buat dance menurut aku. Setelah itu, aku pilih part yan aku jadiin choreography. Untuk durasi, tergantung sesuka hati aja.

 

Biasanya, aku buat choreography iseng sekitar 30 detik - 1 menit. Mendengarkan lagunya secara terus-menerus, lalu akan muncul ide sendiri untuk membuat gerakan pada part tertentu. Kalau bingung sekali, biasanya aku gerak sendiri secara asal, lalu ketika merasa gerakannya pas, baru dijadikan dan ditambahkan untuk choreography-nya. Nah, ketika sudah mulai muncul ide, selipkan beberapa basic dance moves yang sekiranya cocok dengan lagu, lalu buat choreography sampai jadi deh.

 

Itulah cara aku membuat choreography dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang membaca, sampai ketemu di tulisan berikutnya dan terima kasih telah membaca!

 

Source: steezy.co


Several Basic Dance Moves For You To Learn!