Akibat Pergaulan Bebas

 

Oleh: Ratna indrawani, Peserta Didik SMAN 34 Jakarta


    Ini kisah seorang perempuan/anak remaja yang masa depannya sudah hilang direnggut kekasihnya. Mereka sudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas yang sangat begitu merugikan. Mungkin, awalnya hanya biasa saja, namun seiring berjalannya waktu, mereka mulai mencoba hal-hal yang seharusnya tidak dicoba. Ini dia Alesya dan Arkana, mereka yang seharusnya memikirkan tentang masa depan dan sekolah, malah memikirkan tentang rumah tangga.

 

Suatu pagi yang cerah, Alesya bangun dari tidurnya, sebenarnya dia enggan untuk membuka matanya, tapi suara mamahnya yang terpaksa membuat dia terbangun.

 

“Alesya bangun nak, ini hari senin loh, kamu mau terlambat ke sekolah hah!“ oceh mamah Tari kepada anaknya yang sulit bangun kalau sudah tidur.

 

Hmm.... Iyaa mah, ini sudah bangun, jangan teriak-teriak, masih pagi berisik!” ucap Alesya kepada sang mamah.

 

Alesya langsung beranjak ke kamar mandi untuk melanjutkan ritualnya. Setelah beberapa menit, Alesya sudah siap untuk ke sekolah. Memang jarak dari rumah ke sekolahnya cukup membutuhkan waktu.

 

Pagi mah.... Pagi pah.

 

Pagi sayang, ayo sarapan abis itu berangkat”

 

“Iya pah”

Kalau dilihat keluarga Alesya, termasuk harmonis, karena mereka juga sering menghabiskan waktu bersama jika ayahnya sedang libur.

 

Sudah ayo yah, hari ini aku dianter aja, males bawa mobil

 

Tumben kamu, ya udah ayo ayah anter, mah kita duluan ya”

 

Mah aku berangkat ya, assalamualaikum

 

“Waalaikumsallam… Hati-hati ya”

 

Alesya sudah sampai di sekolahnya. Sehabis berpamit sama ayahnya, dia langsung pergi ke dalam menuju kelasnya. Saat di jalan, dia bertemu Arkana, cowo dingin dan cuek, tapi jika sama Alesya tidak, malah manja. Mereka tidak sekelas, hanya bersebelahan. Arkana juga mostwanted di sekolahnya.

 

Pagi sayang“ ucap Arkana, kepada Alesya sambil mencium pipinya. Peserta didik yang melihat, sudah biasa oleh tingkah lakunya mereka, lebih tepatnya tingkah Arkana.

 

Pagi juga sayang

 

Oh iya by, nanti jadi kan jalan?

 

Iya jadi, aku pengen beli skincare  yang udah mau abis”

Meraka sudah masuk ke dalam kelas masing-masing dan mengikuti pelajaran hingga selesai. Bel pulang sudah berbunyi 5 menit yang lalu, namun Alesya masih di dalam kelas, selang beberapa menit baru ke luar.

 

Lama banget sih by

 

Maaf ya, tadi pak karto ngasih materi tambahan buat ulangan, kan sebentar lagi kita lulus”

 

Iya iya ya Sudah yuk, nanti keburu sore”

 

Akhirnya, mereka pergi ke mal untuk bermain-main sambil berbelanja. Karena mereka akan memasak makan di rumah Arkana, untuk soal orang tua Arkana, mereka sedang ke luar negeri mengurus perusahaan di sana.

 

Udahkan beli ini aja ga ada yang mau di beli lagi?

 

Hmm... kayanya ini udah cukup, yaudah ayu bayar”

 

Ini aja mas?” ucap gadis kasir itu dengan senyum rekahnya, karena melihat Arkana. Arkana hanya berdehem.

 

“ini mas jadi 350 ribu” Arkana langsung memberikan kan uang tersebut, sebab sejak tadi gadisnya marah karena mba kasir yang ganjen itu.

 

“Udah dong jangan ngambek, tadikan kamu liat aku ga ngapa-ngapain sama dia”

“iya ga ngapa-ngapain tapi aku kesel aja dari tadi kamu diliatin mulu pengen aku colok rasanya tuh mata”.

 

Dengan gemas Arkana langsung mencium bibir gadisnya dengan cepat. Sungguh menggemaskan sekali gadisnya jika sedang dilanda cemburu.

 

Ihss apasih, orang lagi kesel juga tau ahh” cetusnya.

 

Sampai di rumah Arkana, Alesya langsung memasak buat makan malam mereka. Setelah selesai memasak, ia beranjak untuk mandi dan meminjam baju pada Arkana. Alesya sudah selesai dengan pakaiannya dan bergegas menuju ruang makan. Arkana dengan rambut basahnya, sepertinya dia juga mandi di kamar mandi bawah. Mereka memakan dengan hikmat. Selesai makan, mereka berniat menonton film.

 

Mau nonton film apa hmm?“ tanya Arkana sambil mengelus rambut Alesya.

 

Nonton horor aja deh”

 

Oke horor, tapi janji ga boleh takut ya”

 

Akhirnya, mereka memilih menonton horor sampai film itu selesai. Alesya sudah izin ke orang tuanya, kalau sedang berada di rumah Arkana.

 

By liat aku dulu sini

 

“ihss apasii Ar”

 

Tanpa basa basi, Arkana langsung mencium Alesya hingga mereka melakukan sesuatu hal yang bakal mereka sesali seumur hidup. Pagi hari, Arkana terbangun karena cahaya matahari yang mengganggu tidurnya. Ia melihat ke samping ada Alesya yang masih terlelap. Mengingat kejadian semalem, Arkana tersenyum karena bisa memiliki Alesya seutuhnya.

 

Alesya mengerjapkan matanya “Hoamm... Jam berapa sekarang?

 

“jam 8… Kenapa? Ga usah sekolah, udah telat juga”

 

Alesya hanya berdehem, lalu dia merasa gelisah karena takut orang tuanya kecewa. Pasalnya, selama dia berpacaran dengan Arkana, tidak sampai sejauh ini. Ada rasa menyesal di dalam pikiran dan jiwanya.

 

“Ar… Kalo aku hamil gimana?  Apa kamu mau tanggung jawab?

 

Kok kamu ngomongnya gitu? Aku bakal tanggung jawab, karena aku sayang kamu”

 

Tapi aku takut, kalo mamah papah tau gimana? Pasti mereka kecewa banget sama aku, apa lagi kita dikit lagi ujian. Aku takut di keluarin dari sekolah

 

Ssttt Sayang, denger ya, aku yang bakal urus itu. Jadi, kamu tenang aja oke?

 

Gimana mau tenang Ar, aku takut tau gak, aturan kita ga ngelakuin ini, ini udah kelewatan”

 

Arkana merasa kesal mendengar ucapan Alesya, “Oh jadi lu nyesel iya? Apa emang lu ga pernah sayang sama gw?” jawab nya dengan suara yang berat.

 

Bukan gitu, aku sayang sama kamu. Tapi, kita salah, kita ga bisa ngelakuin ini. Perjalanan kita masih panjang. Kita masih sekolah Ar, masih terlalu kecil untuk soal ini, dan lagi kita juga masih labil, emosi kita sangat tinggi“ ucap Alesya menggebu-gebu.

 

Arkana terdiam, dia tau dia salah, tapi dia tak ingin Alesya lepas darinya. Dia juga pasti akan bertanggung jawab atas perbuatannya.

 

Aku mau pulang jawab Alesya datar.

 

Lalu, Arkana mengantar alesya pulang. Untung saja, orang tuanya sedang tidak ada di rumah. Setelah kejadian itu, Alesya menjadi diam, dan selalu menghindari Arkana. Arkana tau, Alesya sedang menjauhinya dan itu membuatnya menggeram kesal.

 

By… Stop dulu. Aku mau ngomong, kamu jangan selalu menghindar” Tapi Alesya tak menggubrisnya. Dengan sentakkan, Arkana yang menariknya, lalu membawa ke rooftop. Alesya hanya pasrah.

 

Kenapa selalu menghindar? Kamu marah? Aku minta maaf, tapi aku juga ga mau kamu lepas dari aku. Aku tau yang aku lakuin salah, kamu boleh hukum aku asal jangan menjauh”.

 

Alesya tetap tak membuka suara. Lalu, bel pulang berbunyi. Dan, dia ingin turun, namun dia merasa mual lagi. Memang, beberapa hari ini, dia sering merasa mual dan badannya terasa tidak enak. Dia pikir, hanya masuk angin biasa saja. Setelah keluar dari kamar mandi, dia kaget melihat Arkana di depan kamar mandi.

Nih, coba aku mau lihat hasilnya. Soalnya, akhir-akhir ini kamu aku liat selalu mual” ucap Arkana sambil mengasih testpack.

 

Ga mau, aku ga mungkin hamil“ tolaknya.

 

Sya, please... Aku mau liat kita coba dulu, aku juga ga mau kamu kenapa-napa”.

 

Dengan terpaksa, Alesya menurut dan beberapa menit kemudian, hasilnya positif. Seketika, tubuhnya terasa lemas. Dia tidak ingin mempunyai anak, apa lagi dia masih  dalam pendidikan sekolah. Dengan badan yang lemas karena syok, Alesya keluar dan memberikan hasilnya pada Arkana. Arkana yang melihat merasa senang, tapi tidak dengen Alesya.

 

Kita gugurin bayinya aja, ya? Aku belum siap. Ini terlalu cepat buat aku. Aku masih ingin ngerasain masa abu-abu, masih ingin bebas tanpa beban”.

 

Arkana merasa kesal, karena hanya dirinya yang senang, sedangkan gadisnya tidak, terlebih gadisnya bilang ingin menggugurkannya.

 

Jangan coba aneh-aneh ya, gw ga akan biarin anak ini hilang, inget!” ucapnya dingin, lalu pergi meninggalkan Alesya sendiri.

 

Arghh Kenapa sih, gw harus hamil? Harus nanggung ini semua. Gw masih pengen ngerasain remaja, bukannya malah ngurus rumah tangga! Kenapa gw juga mau ngelakuin itu arghh bodoh bodoh” sesal Alesya yang sedari tadi, sudah nangis sambil memukul kepalanya.

 

Beberapa minggu kemudian, Arkana memberanikan dirivbilang kepada orang tuanya, dan orang tuanya pun sangat kecewa. Ia tau, ia sudah kelewat batas.

Papi ga pernah mengajarkan kamu untuk menjadi bajingan, ya! Kenapa kamu ngelakuin itu? Kamu ga mikir perasaan Alesya? Terlalu bodoh” dengan emosi, papi Arkana menghajar Arkana hingga lemas. Mamahnya, ga bisa berbuat apa-apa, dia juga sangat kecewa pada anaknya, tapi nasi sudah jadi bubur, mau gimana lagi.

 

Besok langsung ke rumah Alesya, tanggung jawab secepatnya”.

 

Dengan langkah yang terkulai, dia masuk ke kamar dan merebahkan dirinya. Untuk besok, mungkin dia juga akan mendapatkan tinjuan lagi. Di sore hari, keluarga Arkana mengunjungi kediaman Alesya.

 

Sialan kamu, kurang ajar! Beraninya kamu rusak anak saya hah!  Apa kamu kira dengan cara tanggung jawab, kamu udah dibilang hebat? Cupu! Kenapa ke anak saya? Kenapa gak ke manusia jalang lain!” emosi papah Alesya, sambil menghajar Arkana lagi. Alesya hanya menangis, dirinya juga sangat menyesal.

 

Kamu juga murahan banget, apa papah kurang sama kamu? Papah selalu meluangkan waktu untuk kita, papah kasih apa yang kamu mau, tapi apa ini balesan kamu? Perjalanan kalian masih panjang, bukannya malah memikirkan untuk hal yang belum kalian harus pikirkan”.

 

Alesya nangis semakin deras, dia tidak kuasa, pasalnya, papahnya bilang, “Dia wanita murahan” Dia tau, dia juga salah di sini. Hanya maaf yang bisa dia ucapkan, dan mamahnya, juga kecewa pada anaknya, tapi bagaimana pun juga Alesya tetap anaknya.

 

Saya mau besok mereka harus nikah, ga ada penolakan”.

 

Pah, Alesya mohon pah, aku ga mau nikah. Aku masih mau sekolah, kita gugurin aja, ya?” Arkana ingin protes, namun keduluan mamahnya Alesya.

Sayang, kamu ga boleh, dia ga salah, ga mungkin seorang ibu jahat sama anaknya”

 

“ Tapii mahh...—

 

Ga ada tapi-tapian, kamu juga harus tanggung jawab atas kelakuan kamu, papah ga mau tau besok kamu nikah dan hanya keluarga yang tahu”

 

Alesya langsung beranjak menuju kamarnya, dia hancur. Dia merasa gagal menjadi perempuan, dia merasa tak pantas di dunia. Dia benci sama dirinya sendiri, kenapa dia bisa seperti ini. Dia juga sudah mengecewakan orang tuanya. Dia ingin hidup seperti dulu, bukan yang sekarang, yang harus menambah bebannya menjadi istri sekaligus ibu. Tapi, mau gimana lagi, nasi sudah menjadi bubur, mau ga mau dia harus melakukannya.

 

Itu sebabnya, kita harus bisa menjaga diri untuk tidak terjerumus pergaulan bebas. Pergaulan bebas merugikan untuk masa depan, apa lagi jika lakinya tidak mau bertanggung jawab, yang sangat rugi adalah perempuan. Bahkan, ada orang tua yang melarang anaknya untuk pacaran, karena tidak mau anaknya salah gaul.


Tapi, kadang, anak-anak merasa terkekang. Padahal, orang tuanya sangat menyayangi anaknya. Oleh sebab itu, selalu dilarang sampai benar-benar cukup untuk dilepas.

Akibat Pergaulan Bebas